Skip to main content

Keluhan Lemas dan Kesemutan Pada Lansia

Pertanyaan:
Pagi dok. Saya mau tanya dok,. Saya punya orang tua umurnya 65 tahun. Dia suka sekali ngopi dan ngerokok, sudah mencoba berhent dan di hari ketiga badannya lemes setelah itu kembali seger lagi dok. Dapet tiga minggu berhenti merokok dan ngopi sekarang lanjut lagi, sudah tiga hari dan sekarang nge-drop lagi, bahkan sampai nggak kuat bangun tidur dan akhirnya harus makan di atas tempat tidur. Minta sarannya dong dok. Oh iya, sebelumnya orang tua saya sering atau setiap hari (pada malam hari) kesemutan, kebas, baal (tidak meraskan apa-apa) Terima kasih.


Jawaban:
Dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri
Terima kasih telah bertanya dengan menggunakan layanan Tanya Dokter

Bagian mana yang mengalami kesemutan atau kebas?Apakah keluhan tersebut dirasakan hilang-timbul atau menetap?Adakah saat-saat tertentu dimana kesemutan dirasa memberat? Bagaimana dengan keluhan lemasnya? Lemas seperti apa yang dimaksud, apakah sampai pingsan/ kaki tangan lemas? Adakah riwayat kencing manis dan darah tinggi?

Kesemutan merupakan keluhan yang pernah dialami oleh semua orang. Biasanya kesemutan terjadi saat tubuh terlalu lama diam, atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut (misal ke arah tangan atau kaki anda) menjadi terhambat dan timbul keluhan kesemutan. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Ini merupakan hal yang wajar terjadi. Keluhan tersebut akan berangsur-angsur menghilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar ke daerah tersebut.

Yang perlu dikhawatirkan adalah jika keluhan kesemutan semakin meluas dari hari ke hari, semakin sering dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut terjadi pada diri anda, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut sehingga anda segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis). Baberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)
frekuensi napas cepat
serangan panik
dehidrasi (kurang cairan)
kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan
dsb
Sedangkan kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:

gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome)
melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang,
gangguan jantung dan pembuluh darah
gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal
infeksi dan sindrom post-infeksi
gangguan jaringan ikat dan imunitas
kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
kurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12
keganasan/tumor otak
dsb
Penyebab lemas pada orang tua sangatlah beragam, ada yang dikarenakan anemia, depresi, penyakit kronik seperti kencing manis, tekanan darah tinggi, penyakit hormon tiroid, penyakit jantung, dsb.

Perlu di ketahui secara pasti penyebab kesemutan dan keluhan lemas yang dirasakan. Untuk sementara ini, orang tua Anda dapat mengkonsumsi multivitamin B kompleks untuk mengurangi keluhan kesemutan. tetapi untuk keluhan lemas, perlu sekali pemeriksaan fisik secara lengkap jika perlu pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah untuk mencari tahu penyebabnya. Saran kami, berkonsultasilah secara langsung kepada dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan diagnosa yang tepat dan pengobatan yang sesuai.