Skip to main content

Mengatasi Sakit Pinggang

Pertanyaan:
Dok aku mau nanya pinggang aku sakit udah dari lama udah beberapa bulan aku gak tau ini bahaya atau gak soalnya setiap aku aktivitas yang biasanya mudah jadi berat banget bahkan buat ambil benda yang jatuh aja rasanya sakit banget aku minta sarannya juga dok gimana ngatasin rasa sakitnya

Jawaban:
Dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri
Terima kasih telah bertanya tentang Mengatasi Sakit Pinggang melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, persarafan tulang belakang). Sulit bagi kami untuk menentukan penanganan tanpa mengetahui penyebabnya. Sebelum melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan.

Di mana lebih tepatnya lokasi sakit pinggang Anda? Bagaimanakah rasa sakitnya (apakah seperti ditusuk-tusuk, seperti pegal, dll)? Apakah rasa sakitnya menjalar ke kaki? Bagaimana dengan hasil pemeriksaan darah dan urin Anda? Bagaimana dengan buang air kecil Anda selama ini, adakah keluhan (BAK lbh sedikit, berpasir, tidak lancar)?

Penanganan sakit pinggang saat ini adalah dengan mengonsumsi obat anti nyeri (analgesik) serta mencari penyebab sakit pinggang Anda. Jika sakit pinggang Anda tidak berkurang, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk mendiskusikan keluhan Anda dan mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut untuk penanganan yang optimal.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Mengatasi Sakit Pinggang. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.