Skip to main content

Pengobatan untuk Gusi Bengkak

Pertanyaan:
Permisi dok, saya mewakili adikku ingin bertanya tentang penyakit gusi bengkak...apakah bisa di obati dengan cara memakan obat2an atau harus dengan cara operasi dok? jika bisa apa nama obat tersebut yah dok? dan jika harus di lakukan dengan operasi, bisakah dokter memberikan rekomendasi tempat rumah sakit di daerah medan yang menangani penyakit tersebut dok? terima kasih

Jawaban:
Dijawab oleh: drg. Callista Argentina
Terimakasih telah bertanya seputar pengobatan untuk gusi bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Gusi yang bengkak merupakan salah satu tanda gusi sedang meradang, infeksi atau kondisi lainnya, apakah pada adik anda ada gigi yang berlubang? apakah ada sisa akar pada sekitar area yang mengalami sakit ? apakah terasa sakit pada bagian gusi yang mengalami pembengkakan ?. Tanda-tanda pada gusi yang mengalami peradangan adalah gusi lebih mudah berdarah, menebal dan berwarna lebih merah dari sekitarnya.

Penyebab paling umum dari peradangan gusi adalah kebersihan mulut yang kurang dirawat, sehingga banyak terjadi penumpukan plak dan karang gigi di daerah gusi yang berbatasan dengan gigi. Namun ada juga penyebab lainnya seperti infeksi gigi, infeksi dari gusi itu sendiri, penyakit sistemik dan hormonal.

Jika pembengkakan gusi berada di daerah akar gigi, dan tampak adanya bintik putih atau mengeluarkan nanah, maka kemungkinan yang terjadi adalah abses yaitu semacam bisul berisi nanah yang disebabkan infeksi gigi yang berlubang.

Untuk menyembuhkan gusi bengkak, perlu diketahui terlebih dulu penyebabnya. Dan untuk mengetahui penyebabnya tentu perlu pemeriksaan dari dokter gigi lalu baru dapat dipastikan terapi yang diperlukan. Apakah bisa sembuh hanya dengan minum obat saja atau harus melakukan tindakan lainnya. Sebaiknya periksakan keadaan Anda segera ke dokter gigi agar diketahui pasti penyebab dari kelainan pada gusi serta dapat diberikan terapi yang sesuai. Biasanya di semua RSUD memiliki dokter gigi yang lengkap termasuk dokter gigi spesialis periodontis yang banyak menangani kasus seperti gusi bengkak.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai pengobatan untuk gusi bengkak, semoga bermanfaat.