Skip to main content

Penyebab Telat Datang Bulan

Pertanyaan:
Dok istri saya udah 2 minggu telat datang bulan, tapi pas di cek hasilnya negatif, ada apa ya dokter?

Jawaban:
Dijawab oleh: dr. Alvin Nursalim, SpPD
Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Perlu diketahui mengenai siklus menstruasi yang normal. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid berikutnya. Menstruasi akan berlangsung dengan siklus 21-35 hari selama 2-7 hari dengan volume 20-60 mL/hari. Oleh karena siklus menstruasi berbeda tiap orang maka definisi menstruasi "normal" pun bervariasi setiap individu. Beberapa hal yang penting dicatat mengenai menstruasi Anda adalah tanggal mulai dan berhentinya, banyaknya pembalut yang digunakan dalam satu hari, adakah perdarahan abnormal di antara dua siklus menstruasi, dan nyeri menstruasi yang berlebihan.

Perlu juga diketahui bahwa siklus menstruasi erat kaitannya dengan pola makan, aktivitas sehari-hari, dan stress psikologis. Bagaimana dengan Anda, bagaimana dengan pola makan Anda beberapa hari belakangan? Bagaimana aktivitas Anda sehari-hari, adakah aktivitas yang terlalu berat yang Anda lakukan? Adakah stress psikologis yang sedang Anda alami saat ini?

Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan di atas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan perlu dievaluasi lebih lanjut. Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:

Kehamilan

 Stress dan depresi

Nutrisi yang kurang

Penurunan berat badan berlebihan

Olahraga berlebihan

Obesitas

 Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh

Gangguan indung telur

Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal, dll

Penyakit kronik dan Sindrom Asherman Periksakan diri Anda ke dokter bila:

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.