Skip to main content

Sakit Lutut Saat Naik Tangga

Pertanyaan:
Lutut sakit saat naik tangga, kenapa ya dok, saya harus mengkonsumsi vitamin apa, mohon informasinya

Jawaban:
Dijawab oleh: dr. Adeline Jaclyn
Terima kasih telah bertanya mengenai sakit lutut saat naik tangga menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sejak kapan keluhan tersebut muncul? Apakah ketika bangun tidur lutut Anda terasa kaku? Apakah sebelumnya ada riwayat terjatuh dengan lulut sebagai penumpu?

Kami menduga Anda mengalami osteoartritis. Osteoartritis (OA), dikenal juga sebagai artritis degeneratif, penyakit degeneratif sendi), adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat peradangan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Osteoarthritis umumnya terjadi pada usia setengah baya dan orang tua. Berdasarkan penelitian, kebanyakan orang yang terkena osteoarthritis adalah wanita. Gejalanya utama adalah nyeri dan kaku sendi setelah aktivitas.

Tatalaksana terhadap OA secara umum dapat dibedakan menjadi tatalaksanan non bedah dan bedah. Tatalaksana non bedah berupa obat-obatan, perubahan pola diet, fisioterapi, serta modifikasi aktivitas. Beberapa hal yang dapat dilakukan sendiri, antara lain:

Istirahat. Jika mengalami nyeri atau radang pada sendi, istirahatkan selama 12 - 24 jam. Atau istirahat dari aktivitas selama 10 menit setiap jam.
Berolahraga. Dosis olahraga yang diperlukan sebaiknya dengan persetujuan dokter. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan atau renang. Namun jangan berolahraga saat sendi dalam keadaan sakit.
Kurangi berat badan. Berat badan yang berlebih akan memberikan beban pada sendi-sendi yang menyangga tubuh. Kombinasi diet dan olahraga efektif menurunkan berat badan.
Kompres panas dan dingin untuk menangani nyeri. Kompres hangat dapat diberikan selama 20 menit, beberapa kali sehari. Kompres dingin dapat diberikan bila tidak ada gejala baal atau sirkulasi yang terganggu.
Lakukan fisioterapi dengan fisioterapis yang berpengalaman. Fisioterapi memelihara mobilitas sendi dan meningkatkan kekuatan otot. Memperkuat otot-otot di sekitar sendi dapat memberikan efek proteksi terhadap sendi yang terserang OA dengan meningkatkan penyerapan tekanan dan mengurangi beban terhadap sendi.
Gunakan krim atau jel yang tersedia di apotek untuk mengurangi nyeri. Beberapa krim bekerja dengan memberikan sensasi panas atau dingin atau mengandung zat aktif tertentu yang akan diserap melalui kulit dan mengurangi nyeri.
Terapi obat-obatan minum berupa antinflamsi non steroid merupakan penatalaksanaan utama pada OA. Pengobatan ini selain membantu menghilangkan gejala nyeri juga dapat mencegah perburukan yang telah terjadi.

Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis untuk mengetahui tatalaksana yang tepat untuk kondisi Anda saat ini.

Demikian jawaban yang dapat kami berikat seputar sakit lutut, semoga bermanfaat.

Salam sehat.